Pages

Friday, March 2, 2012

motivasi hijrah


Tahun baru Islam 1433 sudah di ambang mata, dan selalu tidak dirayakan dengan pesta kembang api dan hura- hura, dan memang itu tidak perlu,yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana hal itu bisa terjadi dan hikmah apa yang dapat bisa kita petik, karena Allah  menghendaki hal itu pasti ada hikmahnya. Saya mencoba untuk mengungkapkan sekelumit titik awal sejarah yang mudah mudahan menjadi motivasi awal untuk mengubah pola pandang  terhadap diri sendiri ataupun dunia sekitar.
 kaum quraisy melihat islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Semakin berkembang , pada awal Muharam mereka menggantungkan plakat pemboikottan di atas ka’bah terhadap Bani Hasyim ,bani thalib dan pengikut pengikutnya.selama 13 tahun di Mekah dakwah islam dianggap oleh kaum kaum kafir Quraisy  sebagai ancaman dan bom waktu yang setiap waktu dapat meledak.Inilah motivasi pertama hijrah Rosul dan pengikut – pengikutnya.kondisi umat islam di Mekah sudah tidak memungkinkan untuk berlarut larut dalam kepedihan dan rintihan.
Oleh karena itu Allah memerintahkan Nabi untuk hijrah bersama pengikutnya. Lingkungan yang tidak kondusif menuntut manusia untuk berfikir mencari jalan terbaik untuk mengubah nasib hidupnya.
Kaum muslimin menyadari bahwa kesabaran yang telah mereka lakukan selama bertahun tahun mesti diubah dengan perubahan makna sabar pasif kepada sabar aktif. Motivasi ini didasarkan firman Allah yang terdapat dalam surat Ar-Ra’du ayat 11,artinya “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu sendiri yang merubahnya.”
Jadi tidak ada jalan terbaik bagi kaum muslimin Mekah saat itu kecuali hijrah. Merubah keadaan yang Inkondusuf kepada yang kondusif.
Motivasi hijrah yang dikandung pada bulan Muharam mengajak kepada kita semua untuk merenung dan menelaah berbagai lingkup kehidupan,baik dalam berkeluarga maupun bernegara.
Yang perlu direnungkan pada tahun baru ini adalah sikap dan keinginan untuk berbuat lebih baik dari hari- hari kemarin. Banyak hadits sebagai motivator bagi kita untuk berubah diantaranya hadits nabi  yang diriwatkan oleh Hakim dan ibnu  mubarok,yag artinya “ jagalah yang lima sebelum datang yang lima :masa mudamu sebelum datang masa tuamu,masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu,masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, masa sempatmu seebelum datang masa sempitmu, dan masa hidupmu sebelum datang mautmu. “
Penutup, mari kita pahami dan renungkan ayat  11 surat ar-Ra’du dan hadits Nabi diatas sebagi kata kata motivasi untuk kita  bisa keluar dari kesulitan kesulitan khususnya yang menimpa keluarga kita, dengan hijrah, InsyaAllah pasti ada jalan keluar. MENYESALAH  HARI INI KARENA MENYESAL HARI ESOK TIADA GUNA

No comments:

Post a Comment